Jumat, 08 November 2019

Mengidentufikasi aspek lingkungan ekonomi pola konsumsi dan perkembangan pasar


BAB II
Aspek Lingkungan Ekonomi, Pola Konsumsi, dan Perkembangan Pasar
        
1.       Menjelaskan mengenai tinjauan ekonomi dunia
Ekonomi Dunia terjadi perubahan yang sangat besar sejak Perang Dunia II. Perubahan paling besar dan mendasar adalah munculnya pasar global dan integrasi ekonomi dunia meningkat secara signifikan misalnya Uni Eropa dan NAFTA. Realitas perubahan ekonomi dunia yaitu Penggerak. Ekonomi dunia ialah perpindahan modal bukan lagi perdagangan, Produktivitas telah terlepas hubungannya dengan tingkat pekerja, Ekonomi dunia mendominasi keadaan dan berakhirnya perang dingin kaptalisme dan sosialisme

2.      Menjelaskan mengenai sistem ekonomi
a.       Sistem Ekonomi Tradisional
Suatu sistem dalam organisasi kehidupan ekonomi berdasarkan kebiasaan, tradisi masyarakat secara turun-temurun yang mengandalkan faktor produksi apa adanya. Kelebihan dari sistem ekonomi tradisional adalah adanya semangat kekeluargaan dan kejujuran dari setiap individu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
b.      Sistem Ekonomi Terpusat (Sosialis)
Sistem ekonomi terpusat adalah sistem ekonomi di mana pemerintah memiliki kekuasaan yang dominan pada pengaturan kegiatan ekonomi. Penguasaan dilakukan melalui pembatasan-pembatasan terhadap kegiatan ekonomi yang dikerjakan oleh anggota masyarakat. Negara yang menganut sistem ekonomi terpusat antara lain: Rusia, RRC, dan negara-negara Eropa Timur (bekas negara Uni Soviet).
c.       Sistem Ekonomi Liberal (Kapitalis)
Sistem ekonomi berdasarkan kebebasan seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat dalam kegiatan perekonomian tanpa adanya campur tangan daripada pemerintah. Landasan dari sistem perekonomian ini  bertujuan secara umum untuk mencari keuntungan pribadi tanpa adanya pihak lain yang perlu dipertimbangkan.




d.      Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran adalah suatu sistem ekonomi yang di satu sisi pemerintah memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk berusaha melakukan kegiatan ekonomi, akan tetapi di sisi lain pemerintah memiliki campur tangan dalam perekonomian dengan tujuan menghindari penguasaan secara penuh dari segolongan masyarakat pada sumber daya ekonomi.

3.      Menjelaskan mengenai perkembangan pasar
Perkembangan pasar merupakan salah satu yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk yang sudah ada pada pasar yang baru. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian kecil dari berbagai kemungkinan perusahaan untuk mencapai pertumbuhan.

4.      Menjelaskan mengenai pola konsumsi
Pola konsumsi adalah susunan kebutuhan seseorang terhadap barang dan jasa yang akan dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu, yang dipenuhi dari pendapatannya. Pola konsumsi tiap orang berbeda-beda. Orang yang berpendapatan tinggi berbeda pola konsumsinya dengan orang yang berpendapatan menengah, berbeda pula dengan orang yang berpendapatan rendah. Pola konsumsi direktur berbeda dengan konsumsi karyawan. Pola konsumsi guru berbeda dengan pola konsumsi petani.

Perbedaan pola konsumsi tiap orang tidak hanya dipengaruhi oleh tinggi rendahnya pendapatan, tapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

a.       tingkat pendidikan/pengetahuan;
b.      kondisi tempat tinggal iklim;
c.       jenis pekerjaan;
d.      tingkat peradaban bangsa;
e.       kebiasaan dan kondisi sosial budaya masyarakat;
f.       tinggi rendahnya harga barang dan jasa;
g.      selera yang sedang berkembang di masyarakat.
Pola konsumsi orang berbeda-beda, tetapi secara umum dalam berkonsumsi orang akan mendahulukan kebutuhan pokok, baru kemudian memenuhi kebutuhan lainnya.

5.      Menjelaskan mengenai neraca pembayaran
Neraca pembayaran merupakan suatu ikhtisar yang meringkas transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun). Neraca pembayaran mencakup pembelian dan penjualan barang dan jasa, hibah dari individu dan pemerintah asing, dan transaksi finansial. Umumnya neraca pembayaran terbagi atas neraca transaksi berjalan dan neraca lalu lintas modal dan finansial, dan item-item finansial.
Tujuan Neraca Pembayaran
Penyusunan neraca pembayaran mempunyai beberapa tujuan, yaitu:
1)      Memberikan informasi kepada pemerintah mengenai posisi negara di perdagangan internasional
2)      Memberikan informasi kepada pemerintah mengenai posisi pembayaran internasional
3)      Membantu pemerintah dalam menetapkan kebijakan fiskal dan moneter
4)      Merupakan alat untuk mengukur berapa besar utang dan piutang negara terhadap luar negeri
5)      Merupakan alat untuk mengukur struktur dan komposisi transaksi ekonomi suatu negara dengan dunia internasional
6)      Mengukur keadaan perekonomian dan posisi keuangan internasional suatu Negara

6.       Jelaskan mengenai pola perdagangan
Setelah perang Dunia II, Pertumbuhan Impor dan Ekspor melebihi kecepatan kenaikan PNB. Investasi langsung oleh pihak asing berkembang 5 kali lebih cepat dari pada perdagangan dunia dan 10 kali lebih cepat dari PNB.         
  
7.      Menjelaskan mengenai aspek dasar budaya
Budaya itu dipelajari, bukan pembawaan sejak lahir. Budaya terdiri dari respons yang dipelajari terhadap situasi yang terjadi. Mencari Budaya Universal Modus tingkah laku yang ada dalam setiap budaya. Aspek Universal dari lingkup budaya menunjukkan peluang bagi pemasar global untuk menstandarisasi beberapa atau seluruh elemen program pemasaran



8.      Menjelaskan mengenai pendekatan analisis faktor-faktor budaya
Pengamatan dan studi menunjukkan bahwa tanpa tergantung pada kelas sosial dan pendapatan, budaya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumsi, penggunaan media, dan kepemilikan barang yang tahan lama. Produk konsumen mungkin lebih peka terhadap perbedaan budaya daripada produk industri.

9.      Menjelaskan mengenai negoisasi
Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak-pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan.

10.  Menjelaskan mengenai produk industri
Produk industri (business products), adalah barang yang akan menjadi begitu luas dipergunakan dalam program pengembangan pemasaran. Barang industri juga dapat dirinci lebih lanjut jenisnya antara lain sebagai berikut.
§  Bahan mentah, yaitu barang yang akan menjadi bahan baku secara fisik untuk memproduksi produk lain, seperti hasil hutan, gandum, dan lain sebagainya.
§  Bahan baku dan suku cadang pabrik, yaitu barang industri yang digunakan untuk suku cadang yang aktual bagi produk lain, misalnya mesin, pasir, dan lain sebagainya.
§  Perbekalan operasional, yaitu barang kebutuhan sehari-hari bagi sektor industri, misalnya alat-alat kantor, dan lain-lain.

11.    Menjelaskan mengenai produk konsumen
Produk konsumsi (consumer products) adalah barang yang dipergunakan oleh konsumen akhir atau rumah tangga dengan maksud tidak untuk dibisniskan atau dijual lagi. Barang-barang yang termasuk jenis produk konsumsi ini antara lain sebagai berikut:
§  Barang kebutuhan sehari-hari (convenience goods), yaitu barang yang umumnya sering kali dibeli, segera dan memerlukan usaha yang sangat kecil untuk memilikinya, misalnya barang kelontong, baterai, dan sebagainya.
§  Barang belanja (shopping goods), yaitu barang yang dalam proses pembelian dibeli oleh konsumen dengan cara membandingkan berdasarkan kesesuaian mutu, harga, dan model, misalnya pakaian, sepatu, sabun, dan lain sebagainya.
§  Barang khusus (speaciality goods), yaitu barang yang memiliki ciri-ciri unik atau merk kas dimana kelompok konsumen berusaha untuk memiliki atau membelinya, misalnya mobil, kamera, dan lain sebagainya.
Referensi:
1.       https://indradrgntr.wordpress.com/2015/11/22/pengantar-pemasaran-global/
2.        http://iraimilda214.blogspot.com/2018/11/manajemen-pemasaran-global.html
3.       Heru Purnomo, SE, MM. "DIKTAT  KULIAH" Manajemen Pemasaran Lanjut” FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA
4.       https://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_internasional
5.       https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_kawasan
6.       https://id.wikipedia.org/wiki/Lisensi
7.       https://id.wikipedia.org/wiki/Antitrust
8.       https://manajemenkeuangan.net/fluktuasi-nilai-kurs/
9.       https://rakahikmah46.wordpress.com/2017/05/10/sistem-informasi-global/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar